Sabtu, 07 September 2013

MATLAB UNTUK PEMROSESAN DATA AKUSTIK (DETEKSI DASAR PERAIRAN) / MATLAB FOR PROCESSING ACOUSTIC DATA (DETECTION OF BOTTOM AQUATIC)



MATLAB UNTUK PEMROSESAN DATA AKUSTIK (DETEKSI DASAR PERAIRAN)
MATLAB FOR PROCESSING ACOUSTIC DATA (DETECTION OF BOTTOM AQUATIC)

Deni Yan Koesyanaa*

*Kelompok 8
*Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Institut Pertanian Bogor

Abstract
Matlab is a programming software calculation and analysis are widely used in all areas of the application of mathematics education and research both in universities and industry. Cruz pro is one who is able to take acoustic instruments including acoustic data sampling depth, the temperature in very deep waters. One example is Cruzpro ATU120ST instrument. Tools and materials used in this lab is computer, Matlab software, and data I3020614.44I. results of processing the data obtained TS Matlab cruzpro same index value is -48.4. while there is a difference at 28 is -44.6. No SV values ​​at temperatures of 30 to 32 showed the same value is -51.41 and there is a difference at 28 and 29 that is worth -47.61 and -53.63

Keywords: Cruzpro, Matlab, Cruzpro ATU120St


1.        PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Matlab merupakan suatu software pemrograman perhitungan dan analisis yang banyak digunakan dalam semua area penerapan matematika baik bidang pendidikan maupun penelitian pada universitas dan industri ( ITK-IPB, 2013). Matlab bisa juga digunakan dalam melakukan pengolahan data akustik dengan membuat sintax dengan sesuai dengan kasus analisis yang kita miliki.

Matlab dalam penerapan di bidang akustik bisa membantu dalam menampilkan display dari hasil sounding baik itu untuk ikan pelagis maupun untuk demersal.

Cruz pro merupakan salah satu instrumen akustik yang mampu mengambil data akustik yang meliputi pengambilan data kedalaman,suhu pada perairan yang sangat dalam. Salah satu contoh istrumennya adalah Cruzpro ATU120ST. Dari instrumen tersebut data kemudian di olah ke dalam matlab (CruzPro Ltd.2009).

1.2    Tujuan
Praktikum ini bertujuan mengetahui penggunaan Matlab untuk aplikasi dalam bidang akustik kelautan.

2.        METODOLOGI
2.1    Waktu dan Tempat
Praktikum Akustik Kelautan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 april 2013 yang bertempat di RK. P21 pukul 15.00 – 18.00.

2.2    Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan pada praktikum ini adalah laptop, software Matlab, dan data I3020614.44I.

2.3    Prosedur Kerja
Prosedur kerja pengolahan data dapat dilihat pada diagram alir di bawah ini.

Rounded Rectangle: Convert data dengan format txt pada Ms. Excel
Rounded Rectangle: Load file format txt. Pada software Matlab dan juga load syntax yang ada
Rounded Rectangle: Run syntax yang ada dan kemudian ikuti instruksi tersebut
Rounded Rectangle: Akan muncul grafik yang merupakan hasil dan munculkan nilainya untuk di analisis
Rounded Rectangle: Save gambar grafik tersebut

 Gambar 1.  Diagram alir pengolahan data Matlab





2.4    Analisis Data
Perolehan data dengan memasukan nilai frekuensi (f), diameter transducer, kedalaman, salinitas, pH, Formula teori.


3.        HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1  Hasil
Hasil dari pengolahan data  I3020614.44I melalui tahap pertama yaitu dengan merubah raw data menjadi data yang berekstensi txt. Setelah itu di olah ke dalam matlab melalui sintax yang ada akan mendapatkan hasil data grafik yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. Echogram SV & TS Cruzpro Matlab suhu 28o C
 
Gambar 2. Echogram SV & TS Cruzpro Matlab suhu 29o C
Gambar 1. Echogram SV & TS Cruzpro Matlab suhu 30o C
Gambar 1. Echogram SV & TS Cruzpro Matlab suhu 31o C

Gambar 1. Echogram SV & TS Cruzpro Matlab suhu 32o C
3.2 PEMBAHASAN
Target Strength (TS) merupakan faktor penting dalam pendugaan stok ikan dengan metode akustik. Terutama dengan alat cruzpro untuk menunjukan adanya layer layer yang diolah dalam matlab. Menurut Kinsler et al. (2000) dalam  ketika sebuah gelombang akustik mengenai sebuah target dengan intensitas I (r), maka akan berhamburan ke segala arah, sebagian akan di kirim ke receiver. Data tersebut yaitu TS yang kita gunakan untuk menganalisis. Pada data TS dari suhu 29 sampai 32 dari hasil data pengolahan Matlab cruzpro didapatkan nilai index yang sama yaitu -48.4. sedangkan terdapat perbedaan pada suhu 28 yaitu -44.6. artinya pada perubahan suhu sebesar 4 derajat dari 29 – 32 tidak memberikan pengaruh,sehingga perubahan suhu tidak mengalami perubahan signifikan.
Volume backscattering strength (Sv) menggambarkan densitas dari kawanan ikan yang sebenarnya dari suatu kenampakan objek ikan pada suatu kedalamaan perairan. Dalam data yang ada nilai SV pada suhu 30 sampai 32 menunjukan nilai yang sama yaitu -51.41 dan terdaapt perbedaan pada suhu 28 dan 29 yaitu bernilai -47.61 dan -53.63. artinya suhu lebih berpengaruh terhadap nilai SV karena ada dua nilai yang berbeda pada nilai SV pada suhu tersebut. karena suhu akan mempengaruhi nilai densitas atau kerapatan dari medium air sebagai perambatan dan volume dugaan objek.

4.        KESIMPULAN DAN SARAN
4.1    Kesimpulan
Berdasarkan pengolahan data yang ada pada rentang suhu antara 28 – 32 o C suhu pada nilai TS tidak terlalu signifikan berpengaruh. Sedangkan nilai SV pada rentang tersebut menunjukan nilai yang lebih berbeda karena ada dua nilai yang berbeda sehingga suhu berpengaruh untuk nilai SV.

4.2    Saran
Percobaan yang menggunakan rentang 5 derajat celcius tidak menunjuka hasil data yang signifikan. Seharusnya rentang suhu yang digunakan lebih jauh lagi untuk bisa melihat lebih dalam dari data tersebut.


DAFTAR PUTAKA
Kinsler L. E., Frey A. R., Coppens A. B., and sanders J. V. 2002. Fundamentals of Acoustics. Fourth Editions. John Wiley & Sons, Inc.
Lennan, Mac dan John Simmonds. 1992. Fisheries Acoustics Theory and Practice. Oxford: Blackwell science.
Departemen ITK IPB. 2013. Modul Praktikum akustik kelautan. Tim asisten akustik kelautan.




4 komentar:

  1. boz boleh minta filenya kirim ke email

    BalasHapus
  2. kok gak ada gmbarnya ya gan..??
    mohon pencerahan... bsa pada e-mail ipoelsanji@yahoo.com

    BalasHapus